Marble Cake



                                                   *click pada gambar untuk melihat uk.gambar lebih besar


Kangen makan cake bolu, akhirnya saya sempatkan baking meski hanya punya waktu satu jam saja karena keburu-buru harus jemput krucils. Bikinnya cepat aja kok...manggangnya juga relatif cepat, hanya sekitar 30 menit saja. 

Sekalian buat ngeteh bareng krucils dan bapaknya sore ini. Harummm wangi......


Untuk motif coklatnya bisa juga menggunakan coklat bubuk kalo tidak ada coklat batangan, hasilnya sama saja kok. 



Bahan :

140 gr dark semisweet chocolate (atau bisa juga pakai coklat bubuk)
2 1/4 cup tepung
2 1/2 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
1/2 sdt garam
170 gr mentega tawar (suhu ruang)
1 1/4 cup gula pasir
3 butir telur uk. besar (suhu ruang)
1 1/2 sdt vanili bubuk/ekstrak
1/3 cup plain yogurt (suhu ruang)
1/2 cup susu tawar (suhu ruang)

Cara Memasak :

1. Panaskan oven pada suhu 180 C (jika menggunakan loyang/cetakan teflon warna gelap/hitam, 
    turunkan suhu oven menjadi 165 C)
2. Lelehkan coklat menggunakan wadah tahan panas, lalu diletakkan didalam panci ukuran lebih
   besar yg berisi air, lalu panaskan, aduk-aduk sampai meleleh secara keseluruhan. Angkat dan 
   sisihkan.
3. Campur tepung dg baking powder, baking soda, garam, vanili bubuk, lalu diayak. Sisihkan.
4. Dimangkuk terpisah, kocok mentega sampai lembut, tambahkan gula sedikit demi sedikit sembari
    terus dikocok. Kocok terus sampai adonan menjadi putih dan lembut (lk.3-5 menit).
5. Masukkan telur satu persatu sembari terus dikocok, lalu masukan yogurt, kocok rata.
6. Turunkan kecepatan mixer, lalu masukan tepung dan susu sedikit demi sedikit secara bergantian.
7. Ambil 1/3 adonan, campur dg coklat leleh, aduk rata.
8. Masukkan adonan putih dan coklat dg bantuan sendok sayur ke dalam cetakan/loyang tulban yg
    telah dioles mentega, secara bergantian (berselang seling antara adonan putih dan coklat dg
    pola spt papan catur). Lakukan sampai adonan habis. Lalu tusukkan lidi/garpu kedalam adonan
   dan putar mengikuti bentuk cetakan (cukup diputar sekali saja).


9. Panggang sampai matang (lk.35-40 menit). Cek menggunakan lidi, jika setelah ditusukan ke
    bagian tengah adonan, ternyata lidi masih basah maka teruskan memanggang utk bbrp menit lagi.
10. Angkat dan dinginkan (lk. 20 menit) sebelum dikeluarkan dari cetakan.



Popular Posts